TIMIKA – jurnalpapua.id
Guna meningkatkan layanan publik yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melaksanakan Kegiatan Bimtek Aparatur Sipil Negara (ASN) Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif ( BerAKHLAK) Pelayanan Publik Berkualitas, bagi ASN dilingkup Pemkab Mimika yang digelar di Hotel Swiss Bellin Timika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (08/11/2023)
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Mimika, Hendriette W. Tandiyono, S.E., M.M.
Hadir sebagai narasumber, Analis Kebijakan Madya Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Aris Samson, S.Sos, MAP serta Kadis Dukcapil Mimika, Slamet Sutedjo,S. STP, MSi
Kepala Dinas Dukcapil Slamet Sutejo mengatakan bimtek ini tak hanya diberikan kepada pegawai Dukcapil Mimika tetapi juga kepada seluruh perwakilan pegawai OPD dan distrik serta kelurahan tujuannya untuk menyelaraskan pelayanan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
“Terkait dengan kegiatan hari ini kami juga membantu Ortal, ini secara tupoksi di Ortal tetapi kami ingin membekali kariyawan dukcapil supaya nilai-nilai BerAKHLAK menjadi jiwa pelayanan kepada publik,” ujarnya.
Hendriette saat membacakan sambutan Bupati Mimika mengatakan
Bimtek ini dilakukan karena masih ada ASN di lingkup Pemkab Mimika yang belum BerAKHLAK.
“Saya yakin belum semua ASN memahami ASN BerAKHLAK sehingga Bimtek ini perlu dilakukan agar kita semua bisa memahami kinerja kita sebagai pegawai melayani masyarakat,” katanya.
ASN kata dia harus bangga melayani bangsa dengan profesionalisme dan integritas, asn harus menjadi agen perubahan yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan memuaskan masyarakat.
Menurutnya nilai dasar tersebut bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar asn yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah. sehingga perlu mengingat kembali tentang nilai-nilai dasar asn yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif (BerAKHLAK) dan kolaboratif.
“Saya berharap, ASN berAKHLAK ini dapat dijadikan pedoman dan dasar dalam pelaksanaan setiap pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari, mengingatkan agar setiap OPD menjaga harmonisasi dan di lingkungan kantor masing-masing sinergitas yang ada dan senantiasa membangun komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan,” paparnya.(**)
Discussion about this post