TIMIKA – jurnalpapua.id
Dalam rangka meningkatkan pemahaman Pegawai Aparatur Sipil Negara mengenai Ketatalaksanaan, khususnya Tata Naskah Dinas dan Sistem Kerja, Distrik Mimika Baru menggelar sosialisasi tata naskah dinas yang diselenggarakan di aula Hotel Kanguru Timika, Selasa (25/6/2024).
Sosialisasi ini menyasar kepada pegawai tingkat kelurahan di lingkup Distrik Mimika Baru. Hadir sebagai narasumber, Kepala Sub Bagian Ortal Setda Mimika, Irvan Leka.
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Anace Hombore saat membacakan sambutan Bupati Mimika mengatakan, bahwa ketatalaksanaan pemerintah merupakan pengaturan tentang cara melaksanakan tugas dan fungsi dalam berbagai bidang kegiatan pemerintahan di lingkungan instansi pemerintah.
Dikatakan, salah satu komponen penting dalam ketatalaksanaan pemerintah adalah administrasi umum. Ruang lingkup administrasi umum meliputi tata naskah dinas. Ketentuan tentang tata naskah dinas yang berlaku untuk seluruh instansi pemerintah telah diatur dalam peraturan menteri negara pendayagunaan aparatur negara.
Lanjut dikatakan, tata naskah dinas adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi, dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.
Dalam rangka penyeragaman tata naskah dinas dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2023 tentang tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah. Perlu diketahui bahwa peraturan menteri dalam negeri nomor 54 tahun 2009 tentang tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah sudah tidak sesuai dengan perkembangan organisasi dan peraturan perundang-undangan, sehingga pemerintah pusat melalui menteri dalam negeri mengeluarkan peraturan menteri dalam negeri baru nomor 1 tahun 2023 tentang tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah.
Didalam peraturan ini kata dia diharapkan kepada aparat pemerintah baik kabupaten maupun distrik untuk dapat memahami dan melaksanakan tata naskah dinas sebagai acuan dasar tertib administrasi perkantoran sesuai perkembangan pemerintahan dan pembangunan.
Adapun maksud tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah adalah sebagai pedoman atau acuan pengelolaan tata naskah dinas di setiap organisasi perangkat daerah. Pembekalan ilmu tata naskah sangat penting untuk mewujudkan tertib administrasi dalam hal tata naskah dinas. dengan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pembinaan, pengawasan dan penyeragaman tata naskah dinas .
“Saya menekankan bahwa pentingnya peningkatan sistem kerja di lingkungan pemerintah untuk memastikan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Sistem kerja yang baik di lingkungan pemerintah adalah kunci utama untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima. Oleh karena itu, diperlukannya peningkatan kualitas sistem kerja menjadi hal yang mendesak untuk diterapkan terkait maksud tata naskah dinas yaitu untuk memberikan acuan umum sistem pengelolaan tata naskah dinas dan acuan pembuatan petunjuk teknis.
Lanjut dikatakan, selain itu, tata naskah dinas memiliki tujuan untuk menciptakan kelancaran komunikasi tertulis sehingga berhasilguna dan berdayaguna serta meningkatkan tertib, efisiensi dan efektivitas administrasi penyelenggaraan pemerintah daerah.
“Saya mengharapkan agar bapak ibu peserta betul-betul mengikuti kegiatan ini dengan serius agar nantinya dapat memahami dan melaksanakan administrasi perkantoran dan administrasi umum dengan baik di instansi masing – masing,” imbuhnya. (Evan Soenarie)