TIMIKA – jurnalpapua.id
Guna meningkatkan mutu layanan masyarakat, Distrik Mimika Baru menggelar sosialisasi pelayanan publik kepada 11 kelurahan yang digelar di Hotel Kanguru Timika, Kamis (27/6/2024).
Hadir sebagai narasumber, Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Amirullah.
Staf Ahli Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Setda Mimika Yakobus Kareth saat membacakan sambutan Bupati Mimika mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan pegawai tingkat kelurahan kepada masyarakat.
“Kita semua adalah pelayan, dan tugas pelayan adalah melayani dengan sebaik-baiknya sesuai tuntutan masyarakat.
Dikatakannya, sebagai seorang abdi masyarakat, dituntut untuk selau memberikan pelayanan yang optimal. Namun dalam mencapai otimalisasi pelayanan tersebut perlu adanya strategi yang dipergunanakan. Untuk itu kegitan sosialisasi ini menjadi penting sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan tersebut.
“Kami ucapkan terima kasih kepada narasumber yang berkenan memenuhi undangan ini untuk membagi ilmu, menyampaikan sosialisasi tentang pelayanan publik di lingkung Distrik Mimika Baru. Juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para peserta serta kepala kelurahan yang berkenan hadir meluangkan untuk menimba ilmu dari para narasumber, semoga ilmu yang kita dapat bermanfaat untuk kita semua dalam melaksanakan administrasi pelayanan publik pada kelurahan,” ungkapnya.
Lanjut dikatakan, bahwa ada tiga fungsi pemerintah yakni, sebagai penyelenggara pemerintah good government, sebagai pelaksana pembangunan dan sebagai pelayan masyarakat.
“Mari kita ikut sosialisasi ini dengan memiliki kesungguhan dan menimba ilmu yang ada supaya kita memberikan pelayanan ini sangat menyentuh di masyarakat. Simak dengan baik materi yang disampaikan agar dapat diterapkan di kelurahan masing-masing dan bisa melayani masyarakat dengan baik,” imbuhnya.
Sementara itu, narasumber kegiatan, Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Amirullah dalam materinya menekankan peserta untuk lebih jeli dalam pelayanan data kependudukan dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada pada bulan November mendatang.
“Hal ini penting, karena dengan adanya data yang benar dan tepat, warga bisa menggunakan hak suara mereka, secara khusus bagi mereka pemilih pemula,” tandasnya. (Evan Soenarie)